Page

Senin, 29 Agustus 2011

Mengenal Makanan Khas Idul Fitri di Maroko

Tidak hanya di Indonesia, di negara-negara lain pun memiliki makanan khas yang hanya muncul pada saat Hari Raya Idul Fitri.



Perayaan Hari Raya Idul Fitri tak lepas dari sajian makanan. Jika di Indonesia makanan khas Lebaran adalah ketupat, lain halnya dengan di negara-negara lain.

Seperti halnya Indonesia, di Maroko yang mayoritas berpenduduk muslim juga memiliki makanan spesial yang disajikan pada Hari Raya Idul Fitri. Berikut sejumlah makanan khas Maroko saat lebaran:

1. Meloui

Meloui atau pancake Maroko merupakan makanan kecil yang selalu hadir dalam setiap Hari Raya Idul Fitri di negara tersebut. Bentuknya bundar dan pipih terbuat dari campuran terigu, gula, garam dan ragi yang dipanggang. Meloui ini mirip dengan roti canai khas Aceh. Hanya saja, jika di Aceh roti canai dimakan dengan kari, masyarakat Maroko memakan Meloui dengan campuran madu dan mentega.


2. Tagine

Makanan ini wujudnya seperti semur yang bahan dasarnya bisa menggunakan daging domba atau daging ayam. Seperti halnya semur, masakan ini juga kaya akan rempah karena menggunakan lada, kayu manis, bawang merah, kunyit dan jahe sebagai bumbunya. Uniknya, Tagine juga menggunakan kurma yang dicampur menjadi satu.

3. Nasi dan Salad Tuna

Seperti halnya di Indonesia, nasi ternyata juga menjadi salah satu makanan utama di Maroko. Yang terkenal dalam setiap hari besar termasuk Idul Fitri adalah nasi dan salad tuna. Ikan tuna yang sudah dihancurkan dicampur dengan nasi dan sayuran. Biasanya, nasi dan salad tuna ini disajikan bersama tomat yang juga sudah dihancurkan sebagai pelengkap.

4. Bastilla Ayam

Makanan ini cukup unik. Bastilla Ayam atau Chicken Bastilla merupakan sejenis kue yang berbahan dasar ayam. Rasanya pun campur aduk karena adonan ayam diberi bumbu kunyit, kayu manis, lada dan jahe. Namun, setelah adonan matang justru ditaburi gula tepung dan kayu manis bubuk.

5. Kebab.

Seperti halnya negara-negara di Asia Selatan lainnya, kebab juga sangat umum ditemui di Maroko.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...