Page

Minggu, 10 Juli 2011

WISATA SUMATERA UTARA : PANTAI MUARA OPU – WISATA PASIR PUTIH

Muara Opu merupakan satu – satunya desa di Kabupaten Tapanuli Selatan terletak di pesisir pantai Barat berhadapan langsung dengan Samudra Hindia. Penduduknya berjumlah 80 KK bermata pencaharian sebagai nelayan, sedangkan luas wilayah menurut sejarah sekira 37 km2 dan telah ada penduduknya sejak 103 tahun yang lalu.

Kawasan ini sangat potensial dikembangkan menjadi tujuan wisata namun karena miskinnya sarana membuat daerah ini masih sulit berkembang. deburan ombaknya cukup bagus dan sangat menggoda. Kita bebas memandang ke lautan lepas tanpa ada yang menghalanginya, benar- benar menakjubkan.

Jarak antara Kecamatan Batangtoru dengan Muara Opu tersebut hanya sekitar 30-an kilometer, akan tetapi waktu yang dibutuhkan mencapai 4 jam. Perjalanan agar tembus ke desa dimaksud, itupun mesti menggunakan mobil gardan dua. Perjalanan yang cukup melelahkan memang namun mengasyikkan juga karena disisi kiri dan kanan jalan mulai tampak perkebunan kelapa sawit milik perusahaan swasta maupun milik masyarakat serta lahan pertanian yang berbatas dengan hutan.

Pantai Muara Opu memiliki pasir putih dan bersih serta kelihatan asri,sampai saat ini belum dimanfaatkan untuk peningkatan perekonomian masyarakat. Masyarakat disana cukup ramah dan sangat familiar. Bahasa sehari-hari warga mengunakan dialek melayu pesisir.

Pemandangan mengasyikkan sesaat ingin kembali dari Muara Opu yaitu ketika menikmati detik- detik menjelang sang surya kembali ke peraduan. Pemandangan indah tampak bagai Aurora dimana seluit merah jingga memancar di kejauhan. Jika ingin menikmati pemandangan seperti itu, silahkan datang ke Muara Opu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...