Page

Jumat, 08 Juli 2011

Wisata Hemat Phuket-Thailand

Phuket berada di bagian selatan Thailand dan merupakan salah satu Propinsi di Thailand. Kawasan ini adalah salah satu kawasan yang terserang Tsunami- bersamaan dengan Tsunami yang melanda wilayah Aceh beberapa tahun yang lalu. Namun yang menarik adalah, pasca kejadian tersebut tidak terlihat bahwa kawasan tersebut pernah tersentuh gelombang pasang yang turut menerjang nyawa ribuan penduduknya. Yang terlihat pasca kejadian tersebut adalah adanya kesiapan Pemerintah Propinsi Phuket untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kejadian serupa di masa mendatang, yaitu dengan mempersiapkan tanda-tanda dan jalur-jalur penyelamatan apabila timbul kejadian serupa.

Dalam setiap brosur yang tersedia di setiap hotel dan pusat informasi wisata, Phuket dan pulau-pulau di sekelilingnya selalu ditulis sebagai pulau-pulau terindah dan menarik di dunia. Jajaran batu karang yang menjulang tinggi dari dasar laut, dan jajaran batu karang paling terkenal   telah dijadikan sebagai lokasi pembuatan   salah satu seri film James Bond. Saat ini lebih dikenal sebagai "Pulau James Bond", padahal nama aslinya adalah Phang-Nga.


Phuket adalah wilayah wisata yang dikelilingi laut yang biru yang jernih, pantainya yang dipenuhi pohon kelapa memiliki pasir yang lembut dan bersih, kehidupan malamnya yang ramai dan juga dapat menikmati wisata belanja beragam produk terkenal di dunia dan sekaligus menikmati wisata kuliner yang menantang lidah.
Selama beberapa tahun teraklhir, wilayah Phuket berdasarkan hasil jajak pendapat merupakan kawasan wisata terbaik dan sebagai surga liburan, dan dalam sebagian besar survei terakhir, para pembaca majalah wisata terkemuka lebih memilihnya daripada Bali dan Cebu. Nah luar biasa !

Phuket2
Terletak sedikit di lepas pantai barat Thailand, di Laut Andaman, Phuket berukuran sebesar Singapura. Kota utamanya adalah Kota Phuket, tapi sebagian besar pengunjung tinggal di resort di Surin, Katu, Karon dan yang paling terkenal (dan ramai)tentu saja  Patong. Perjalanan dari Phuket ke Patong memakan waktu 20 menit. Kota Phuket memiliki semua kantor pemerintahan, hotel bisnis dan pusat pertokoan yang lebih besar, sementara resort pantainya lebih sesuai untuk para pelancong. Namun, perjalanan ke pulau-pulau di luar Phuket dimulai dari pelabuhan di Kota Phuket.
Pada kesempatan ini penulis ingin berbagi pengalaman melakukan jalan-jalan bersama keluarga mengunjungi Phuket – Thailand, dengan biaya yang begitu terjangkau.

Perjalanan menuju Phuket dilakukan menggunakan pesawat AirAsia. Biaya perjalanan menggunakan AirAsia, meliputi penerbangan Jakarta – Kuala Lumpur – Phuket Thailand (PP) untuk 3 orang totalnya sebesar Rp. 2.611.000 atau untuk setiap orang sebesar Rp. 870.000,- (pulang- pergi). Harga tersebut sebenarnya masih bisa dihemat bila kita tidak harus memilih tempat duduk dan membawa bagasi yang tidak terlalu besar.

Sedangkan biaya hotel selama menginap di Phuket –Thailand sebesar US$ 52 atau bila di konversi dalam mata uang rupiah  menjadi Rp. 520.000,- termasuk breakfast untuk 2 malam, menginap di Hotel Baunmaburi (Hotel Bintang 4) dengan alamat 239/1 Rat-U-Thit 200 Pi Road, Patong Beach, Phuket. Sedangkan untuk biaya charter mobil, dengan langsung pada para sopir yang banyak parkir di tempat-tempat tertentu kami mendapat harga yang begitu fantastis hanya Rp. 250.000 per 10 jam (termasuk BBM) atau sekitar US$ 25.
 
Selama di Phuket kami sekeluarga telah mempersiapkan lokasi-lokasi yang akan dikunjungi, jadual disusun setelah menggali informasi melalui internet, yaitu wilayah-wilayah yang harus dikunjungi selama berada di sana.
Selama di sana terpilihlah lokasi yang dikunjungi, yaitu mengikuti tour Amazing Tum Punchang dengan tarif untuk 3 orang selama seharian penuh termasuk minum dan makan siang bila di konversi sekitar Rp. 1.750.000

Adapun lokasi yang dikunjungi adalah Visit Budha Cave, Tumpuchang ( naik canoe dan rafting bamboo menyusuri goa), Pha Nga National Park, Visit James Bond Island dan Visit Muslim Fishing Vilage at Panyee Island (perkampungan Muslim Thailand). Wilayah yang dikunjungi adalah wilayah yang menyimpan beragam keunikan dan kejaiban alam yang sejatinya hanya ada dan menjadi ciri khas Phuket. Jadi wajar saja bila mengunjungi Thailand menjadi tidak lengkap bila tidak mengunjungi  Phuket.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...