Page

Jumat, 10 Juni 2011

Berlian Yang Sesungguhnya

Kebanyakan orang yang pernah mendengar kata diamond atau intan, atau di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan berlian, pasti berfikir bahwa benda itu berharga mahal. Sesungguhnya tidak semua berlian mahal, hanya berlian sedikit yang mahal.

Berlian mempunyai komposisi kimiawi amat sederhana, yaitu unsur karbon dan terdapat pada tumbuh-tumbuhan, makhluk hidup serta berbagai macam batuan yang dibentuk oleh alam dalam kondisi temperatur dan tekanan bumi sangat tinggi selama milyaran tahun hingga muncul berlian yang itu kenal saat ini.

Penyebab Warna Berlian.

Saat unsur karbon bergabung dengan unsur nitrogen, itulah kristalisasi berlian berlangsung. Terbentuklah berlian berwarna semu kuning. Jika makin bayak unsur nitrogen maka warna berlian akan semakin kuning. Semakin sedikit unsur nitrogen maka semakin sedikit warna kekuningan. Pada berlian yang sangat putih (Warna D pada skala warna GIA) maka tidak ditemukan unsur nitrogen sama sekali.
  • Berlian Hope yang berwarna biru, mengandung unsur boron yang berperan sebagai penyebab warna biru.
  • Berlian berwarna hijau, sebab radiasi alamiah pada saat proses kristalisasi terjadi di dalam perut bumi.
  • Berlian berwarna pink, merah, dan cokelat, terjadi karena susunan struktur - struktur atomnya yang rusak atau mengalami deformasi.
Beberapa Tipe Berlian
Secara garis besar berlian dapat dikelompokkan dalam beberapa tipe, yaitu :
  • TIPE IA, adalah berlian yang mengandung unsur nitrogen dan pada umumnya berwarna semu kuning sangat muda hingga agak tua : 99 persen berlian yang ditemukan berasal dari Tipe IA
  • TIPE IB, adalah berlian yang mengandung satu unsur nitrogen dan biasanya berupa fancy yellow diamond.
  • TIPE IIA, adalah berlian yang bebas dari kandungan unsur nitrogen , umumnya berwarna putih, ada pula yang berwarna cokelat.
  • TIPE IIB, adalah berlian yang mengandung unsur boron dan berwarna biru, berlian tipe IIB sangat langka.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...