Page

Jumat, 22 April 2011

HARI PASKAH HARI RAYA TERBESAR ORANG KRISTEN

HARI RAYA TERBESAR
Kalau ditanya secara umum, hari raya manakah merupakan hari raya terbesar bagi orang Kristen? Jawabannya pastilah Hari Natal. Namun menurut iman Kristen, hari Natal bukanlah hari raya terbesar, melainkan hari Paskah, yang memperingati kebangkitan Tuhan Yesus dari kematian. Mengapa? Karena kalau tidak ada kebangkitan, sia-sialah seluruh pemberitaan dan kepercayaan orang Kristen. Orang Kristen percaya bahwa kematian Yesus bukan kematian biasa, karena Yesus mati disalib (suatu hukuman mati yang paling kejam). Luar biasanya kematian Yesus bukan saja penderitaannya yang luar biasa di atas salib, terlebih lagi karena bersedia melaksanakan kehendak Allah Bapa untuk menjadi korban penebusan bagi semua manusia yang berdosa. Kebangkitan Yesus juga bukan kebangkitan biasa, memang dalam sejarah manusia tercatat orang yang sudah mati bisa hidup kembali cukup banyak, namun yang sudah bangkit dan tidak mati lagi sama sekali tidak pernah ada. Tuhan Yesus adalah satu-satunya manusia yang sudah mati dan hidup kembali selama-lamanya.


HARI MINGGU
Orang Kristen yang paling dini, merayakan hari Paskah pada setiap hari Minggu. Hari Minggu semulanya adalah hari Matahari bagi orang Yunani. Yang aneh, orang Tionghoa juga menganggap matahari sebagai hari Minggu (catatan hari-hari yang lain bagi orang Tionghoa, bulan - hari Senin, api - hari Selasa, air - hari Rabu, kayu - hari Kamis, logam - hari Jumat, tanah - hari Sabtu). Hari Matahari ini masih dipakai di negara barat dengan nama Sunday, Zondag atau Sonntag. Orang Kristen pada waktu itu hanya mengakui Yesus sebagai Tuhan, karena telah bangkit dari kematian pada hari Minggu dan mengadakan hari kebaktian pada hari "matahari" sebagai tanda penghormatan kepada Yesus. "Matahari Kebenaran" Sebutan Hari Minggu dalam bahasa Indonesia berasal dari bahasa Portugis "Dominggo" artinya Tuhan, maka hari Minggu berarti Hari Tuhan, inilah pengakuan bahwa setiap tujuh hari ada satu hari menjadi miliknya Tuhan dan hari untuk Tuhan. Hari Minggu ditetapkan menjadi hari besar pada tahun 321 oleh Kaisar Konstantin. Sampai saat ini seluruh dunia masih mengakui hari Minggu menjadi hari libur resmi, tapi jarang orang mengetahui asal usulnya, juga tidak mengetahui hari Minggu sebenarnya adalah hari Paskah bagi Gereja semula. Apabila hari Paskah adalah hari Minggu, berarti setiap tahun ada 52 hari Paskah, sungguh suatu keajaiban, karena tidak ada hari Raya yang begitu banyak harinya dan menjadi hari libur resmi seluruh dunia.

JUMAT AGUNG
Setiap tahun ada satu hari yang khusus disebut hari Paskah. Orang Kristen Yahudi menganggap hari Paskah masih berkaitan dengan hari Paskah Israel, yang artinya "berlalu", yaitu suatu hari penyelamatan mereka ketika masih menjadi budak di tanah Mesir, jadi tanggalnya adalah hari ke-14 bulan Nissan menurut kalender Yahudi, harinya bisa hari Minggu juga bisa hari yang lain. Bagi orang Kristen yang berasal dari bangsa lain berpendapat bahwa Paskah harus dirayakan pada hari Minggu. Maka gereja menetapkan tanggalnya Paskah pada hari Minggu sesudah bulan purnama tanggal 21 Maret musim semi. Maka tanggal hari Paskah setiap tahun berlainan namun pasti jatuh pada salah satu hari Minggu antara tanggal 22 Maret dan 25 April. Tahun ini hari Paskah jatuh pada tanggal 31 Maret, nanti tahun 2005 jatuh pada tanggal 27 Maret, tapi tahun 2010 jatuh pada tanggal 4 April.
Karena hari Minggu sudah otomatis hari besar, sehingga kurang dirasakan nuansa hari raya. Hari Paskah yang khusus ini harus ada kaitannya dengan hari Jumat Agung, yaitu suatu hari untuk memperingati kematian Yesus. Peringatan akan kematian Yesus hanya bisa dihayati oleh orang yang percaya kepada Yesus, karena hanya orang Kristen baru bisa bersyukur atas karya Salib Tuhan Yesus. Orang Kristen percaya Yesus benar-benar sudah mati bagi manusia dan juga percaya Yesus benar-benar bangkit dari kematian. Inilah hari Jumat Agung dan Hari Paskah.

LAMBANG HARI PASKAH
Lambang hari Paskah yang paling umum adalah Telur dan Kelinci. Anak TK Kristen dan Sekolah Minggu sering diadakan perlombaan mencari telur atau menghias telur. Apa hubungan Paskah dengan Telur dan Kelinci? Hubungan langsung sebenarnya tidak ada, hanya ada sedikit latar belakang makna Paskah. Pada waktu musim semi, kelinci dianggap sebagai lambang kesuburan, karena berkembang biak dengan cepat, dijadikan lambang kehidupan yang berlimpah dalam Kristus. Demikian juga telur adalah lambang cikal bakal kehidupan dijadikan lambang bangkitnya kehidupan. Musim semi bagi orang di belahan bumi bagian utara adalah musim yang munculnya kembali kehidupan, pohon mulai bertunas, bunga mulai bermekaran, burung dan unggas mulai bertelur, binatang mulai berkeliaran, sungguh suatu kehidupan yang bersemi. Kata hari Paskah dari bahasa Inggris dan Jerman, yaitu Easter dan Ostern, diambil dari nama Dewi Musim Semi, dewi Eastre atau dewi Austra. Memang Paskah selalu jatuh di musim semi, sehingga lambang dan nama yang semula tidak terdapat dalam Alkitab telah diambil alih.
Lambang hari Paskah bagi orang Kristen yang sebenarnya adalah Salib dan Kubur yang kosong. Terutama tanda Salib sudah demikian populer. Namun masih sangat kurang orang mengerti makna Salib yang sebenarnya. Salib tidak lain adalah lambang yang menyatakan Tuhan Yesus telah mati untuk menjadi penebusan manusia dan juga menyatakan kuasa kebangkitan Tuhan yang mengalahkan maut.

MAKNA HARI PASKAH
Makna Hari Paskah atau hari kebangkitan Yesus sangat dalam dan luas, diringkas secara singkat sbb:
(1) Kebangkitan Yesus telah mengalahkan kuasa maut, sehingga pengorbanan Yesus telah memberi kepastian bagi orang yang percaya, agar tidak binasa melainkan memperoleh hidup yang kekal.
(2) Kebangkitan Yesus dari maut juga menyatakan kasih dan kuasa mengalahkan dosa, karena upah dosa adalah maut. Maka semua orang yang percaya harus mengaku dosa dan bertobat, supaya disucikan dari dosa dan diberi kesanggupan menempuh hidup suci.
(3) Kebangkitan Yesus memberi semangat hidup. Para pengikut Yesus sebelumnya sangat patah hati dan patah semangat, namun bisa dibangkitkan menjadi saksi Tuhan yang teguh hati.
(4) Kebangkitan Yesus memberi damai sejahtera bagi orang yang percaya, sehingga selalu ada rasa bahagia dan senantiasa mau memuji dan memuliakan Tuhan.
(5) Kebangkitan Yesus adalah anugerah yang sangat ajaib, sehingga setiap orang yang menghayati kasih dan kuasa Tuhan, pasti bersedia menyerahkan diri untuk menjadi berkat bagi sesama manusia dengan tanpa pamrih.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...