Page

Jumat, 22 April 2011

Hari Kartini

Hari Kartini - R . Ajeng Kartini merupakan salah satu pahlawan perjuangan perempuan yang lahir pada 21 April tahun 1879 di kota Jepara, Jawa Tengah . Semasa hidupnya R.A Kartini termasuk anak yang rajin dan gemar membaca buku karena itulah dia mendapat kesempatan beasiswa untuk melanjutkan sekolah keluar negri ke belanda . Namun kesempatan itu belum di manfaatkan oleh RA kartini karena harus menikah dengan Raden Adipati Joyodiningrat. 

Namun perjuangan RA kartini tak sampai di situ , Setelah menikah dia mendirikan sekolah khusus perempuan di berbagai tempat . Hal ini di dukung sepenuhnya oleh suaminya perjuangan RA Kartini berhenti katika dia menghembuskan nafas yang terakhir di usia yang tergolong muda yaitu 25 tahun, Pada tanggal 17 september 1904. karena perjuangan terhadap perempuan yang dulunya tidak boleh sekolah membuat seakan dunia berubah karena perjuangan RA kartini , karena Itulah Muncul Buku yang berjudul " Habis Gelap Terbitlah Terang" oleh Mr.J.H Abendanon.

Dari Biografi RA kartini diatas membuat kita salut akan perjuangan untuk mendapatkan hak seorang wanita yang dulu tidak boleh mendapatkan pendidikan dan sekarang seorang wanita boleh mendapatkan pendidikan sampai jenjang yang dia mampu. oleh karena itu untuk mengenang perjuangan dan Budayawan R.A Kartini setiap tanggal 21 April setiap tahunnya di peringati sabagai Hari Kartini .

Kita sebagai generasi penerus harus mencotoh Perjuangan R.A kartini yang dengan gigihnya memperjuangkan haknya sebagai kaum wanita dan tak pantang menyerah sebelum titik darah penghabisan. Dalam kita memperingati Hari kartini tahun ini jangan hanya di isi dengan kegiatan yang bersifat sementara contoh : lomba , karya busana dan lain - lain tapi lebih menuju kepada sesuatu yang bersifat perjuangan yang akan lebih berguna bagi kita sendiri , orang lain bahkan untuk negara . Bila semua itu bisa berjalan InsyaAllah Indonesia akan menjadi negara yang Raya , kuat dan berbudaya.

Selamat hari Kartini ..... Kaum perempuan di ciptakan bukan untuk di tindas atau di maki, melainkan untuk di hormati dan di cintai.... :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...