Page

Sabtu, 02 April 2011

Efek Hujan pada Gelombang Radio Frekuensi Tinggi

Hujan merupakan salah satu kekayaan alam, terlebih lagi pada daerah tropis. Pada daerah tropis durasi dan intensitas hujan lebih tinggi dibanding daerah non tropis. Ukuran titik hujan berukuran lebih besar ditemukan di daerah tropis dengan diameter sampai 3 mm. Intensitas hujan 150 mm/jam juga sering terjadi di daerah tropis. Dibalik kekeyaan alam hujan yang cukup besar ini apa pengaruhnya pada perkembangan dunia komunikasi nirkabel khususnya di daerah tropis seperti di Indonesia.

Perkembangan teknologi komunikasi nirkabel di Indonesia sangat pesat ditandai dengan maraknya promosi handset dan aplikasi layanan seluler GSM, CDMA, maupun WiFi. Kini masyarakat mempunyai kebutuhan transfer data dengan ukuran yang semakin besar dari tahun ke tahun seiring dengan layanan Multimedia yang diakses masyarakat semakin meningkat kualitasnya. Sementara untuk mengakomodasi kebutuhan ini diperlukan sistem link komunikasi dengan kecepatan tinggi yang otomatis konsekuensinya adalah menggunakan frekuensi lebih tinggi. Sementara kualitas dari sistem link komunikasi nirkabel sangat dipengaruhi oleh interaksi gelombang radio dengan titik hujan. Semakin tinggi frekuensi gelombang radio semakin signifikan pengaruh dari Interaksi ini. Interaksi apa yang terjadi antara gelombang radio dan titik hujan ini sehingga mempengaruhi kualitas dari sistem link komunikasi nirkabel.

Interaksi antara gelombang EM dan titik hujan menghasilkan 3 efek samping, scattering, absorption, dan depolarsisasi. Tepatnya gelombang EM yang menabrak titik hujan ada sebagain dihamburkan (scattering), sabagian diserap (absorption), dan sebagian sisanya diteruskan arah depan (forward). Sebagain gelombang EM yang diteruskan ini akan mengalami depolarisasi oleh karena bentuk titik hujan tidak selalu sempurna seperti bola. Ketiga efek samping ini berkontribusi pada radaman gelombang EM yang melewati media hujan. Semakin tinggi frekuensi gelombang EM semakin besar ketiga efek samping samping tersebut konsekuensia semakin besar pula redaman yang terjadi. Bagaimana hubungan antara intensitas hujan, ukuran titik hujan, dan frekuensi gelombang EM dengan redaman hujan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...