Page

Selasa, 05 April 2011

BRIMOB JOGET INDIA Lebih Terhormat Dibanding Memeras di Jalanan

Rekaman video anggota Brimob Polda Gorontalo, Briptu Norman Kamaru, yang asyik bergoyang diiringi lagu India memancing berbagai reaksi.

Rekaman yang dapat dilihat di situs Youtube dengan judul "Polisi Gorontalo Menggila" ini mengundang komentar banyak orang yang telah menyaksikannya. "Lucu juga nih anggota Brimob. Lebih terhormat dibanding memeras di jalanan," kata Wawan, warga Pondok Labu, Jakarta Selatan setelah menyaksikan rekaman itu.


Dari sisi manusiawi, aksi kocak yang terlihat direkaman yang hingga semalam telah dilihat lebih 48.000 kali itu memang memancing senyum. Namun, sebagai anggota polisi yang berseragam dan sedang menjalankan tugas, ini dinilai institusinya tidak etis.

Novel Ali, seorang anggota Komisi Kepolisian Nasional menyarankan, agar aksi itu dipandang dari sisi manusiawi. Dia minta agar pihak kepolisian tidak asal memberi sanksi. Ditegur baik-baik saja," ujarnya, di Jakarta, Senin (4/4).

Tindakan itu, ujarnya, harus dilihat secara keseluruhan. "Berjoget dengan baju seragam saat berjaga memang tidak pantas ditiru. Polri punya kode etik dan disiplin, tapi itu bukan pelanggaran substansial. Toh, tidak dalam keadaan kena narkoba, jadi patut dipertimbangkan," tuturnya.

Terkait peristiwa ini, Kabid Humas Polda Gorontalo AKBP, Wilson Damanik di Gorontalo, Senin mengemukakan, video Norman menyanyikan lagu Chaiya-chaiya sebetulnya sudah jadi rahasia umum di Gorontalo. Kejadian ini, katanya, menjadi heboh karena diangkat di pemberitaan. Diakuinya, ulah anggota Brimob itu selaku personel polisi memang tidak etis. Disebutkannya, selain masih menggunakan seragam, aksi itu dilakukannya saat bertugas.

Di sisi lain, dia mengatakan, aksi joged India yang direkam itu tidak mempunyai maksud apapun. "Itu semata-mata untuk menghibur teman-temannya," ucapnya. Walau begitu, Wilson tetap akan meminta pertanggungjawaban dari Norman "Sebelum itu, kami akan meminta keterangan lebih dulu dari dia," katanya. Seperti diketahui dalam video situs You Tube tampak Briptu Norman di sebuah pos jaga dengan terampil mengikuti dendang lagu India. Lagu pilihannya 'Chaiyya, Chaiyya' yang dinyanyikan Shahrukh Khan di film Dil Se tahun 1998.

Aksi goyang India itu diawali, saat sang Brimob menghisap sebatang rokok, dilanjutkan dengan gerakan tangan, kepala, badan, dan kemudian, "Chaiya-chaiya.." Mulailah dia bergoyang dan bernyanyi, walau hanya gerakan bibirnya saja. Dari gerak bibirnya, tampaknya Norman hafal lagu tersebut. Apalagi ditambah dengan gerak tubuhnya yang begitu menjiwai. Lip sync-nya sangat pas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...