Page

Rabu, 02 Februari 2011

Hati-hati dengan Fish Spa!

Apakah Anda termasuk penyuka fish spa? Mungkin informasi ini bisa membuat Anda mempertimbangkannya lagi sebelum pergi ke tempat perawatan tubuh dengan fish spa. Nah... ada informasi bahwa fish spa yang kini populer di kalangan pecinta perawatan tubuh ternyata memiliki efek buruk bagi tubuh. Bahkan para ahli telah mengeluarkan peringatan yang berisi tentang informasi bahwa fish spa adalah tempat yang memungkinkan penularan penyakit dari sesama penggunanya.

Para ahli mengatakan ikan Garra Rufa yang telah lama digunakan sebagai spa alami di Asia dan Turki hanya boleh dipergunakan untuk satu pelanggan. walaupun ampuh untuk mengusir kulit mati, ikan ini membutuhkan waktu yang lama untuk mencerna makanan favoritnya itu. Kulit mati yang mengandung kuman tersebut dapat tertempel kembali ke kulit pengguna lainnya.

Beberapa temuan juga menunjukkan bahwa ikan yang dipakai di beberapa tempat spa bukanlah ikan Garra Rufa. Kebanyakan dari tempat spa itu menggunakan ikan jenis Chinchin yang memiliki gigi pada usia tertentu. Gigitan dari ikan Chincin yang memiliki gigi akan mengoyak kulit dan membuatnya terluka. Luka tersebut akan menjadi sarana dari masuknya berbagai bakteri dan bahkan virus ke dalam tubuh seseorang.

Tapi bagi Anda pecinta spa dengan menggunakan ikan, tidak perlu khawatir. Martin Grassberger MD dari Universitas Kedokteran Wina memberikan beberapa saran untuk memilih fish spa yang aman. Di antaranya adalah perhatikan apakah ikan disimpan dalam tangki dengan filter ultraviolet, pusat spa menyediakan wadah berbeda bagi setiap pelanggan, tidak menggunakan ikan berulang kali, dan memperhatikan kebersihan kaki pelanggan yang harus terbebas dari penyakit kulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...