Page

Selasa, 11 Januari 2011

Planet di Luar Tata Surya Ditemukan NASA

Sebuah planet terkecil telah ditemukan oleh berada di luar tata surya kita oleh ilmuwan Lembaga Antariksa Amerika Serikat NASA. Planet tersebut diberi nama Kepler 10-b, menurut Natalie Batalha, planet tersebut merupakan planet berbatu.
Penemuan planet ini adalah hasil pengumpulan data dari teleskop ruang angkasa sejak Mei 2009 hingga awal Januari 2010. Natalie Batalha, ilmuwan NASA yang menemukan planet tersebut mengungkapkan bahwa Kepler merupakan planet berbatu, sama seperti bumi. Ini membedakan dengan beberapa jenis planet lain yang terdiri atas massa gas.
Ukuran Kepler 10-b tergolong terkecil sebab hanya 1,4 kali ukuran bumi. Sementara itu, massa planet ini sekitar 4,5 kali massa bumi. Sejauh ini, belum pernah ditemukan planet mirip bumi di luar tata surya yang berukuran sekecil ini.
Meski mirip dengan bumi karena terdiri atas batuan, suhu planet ini terlalu panas. Salah satu sisinya bersuhu 2700 derajat Fahrenheit. Menurut pendapat ilmuwan, suhu panas ini disebabkan jarak Kepler 10-b dan bintangnya 20 kali lebih dekat dibandingkan jarak Merkurius-Matahari.
Karena suhu panasnya, Balatha berpendapat bahwa planet ini tak mampu mendukung kehidupan. 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...